Simak Cara Investasi Saham Dalam Jangka Panjang!

Berinvestasi saham memang lebih diutamakan jika dilakukan dalam jangka waktu yang panjang karena jika dilakukan dalam jangka waktu pendek, pasar saham ini akan bergerak sangat fluktuatif.

Investasi di saham pun ada yang memiliki jangka waktu pendek maupun jangka waktu yang panjang. Bagi investor, investasi saham lebih baik dilakukan dalam jangka waktu yang panjang dibandingkan jangka waktu yang pendek maka dari itu tidak sedikit para investor mempertahankan saham mereka dan melakukan aksi hold dalam jangka waktu cukup lama.

Kamu masih tetap bisa berinvestasi saham dalam jangka waktu yang panjang dengan beberapa tips dibawah ini.

  1. Sabar

Dalam berinvestasi saham dengan jangka waktu yang panjang, seorang investor memerlukan kesabaran ketika ingin memperoleh keuntungan. Investasi jangka panjang tidak mewajibkan kamu untuk terus-menerus memantau pergerakan harga saham setiap harinya. Kamu hanya perlu melakukan penilaian terhadap kinerja perusahaan dan jangan terpengaruh oleh berita.

2. Pilih Saham dengan Fundamental Baik

Saham yang memiliki fundamental baik memang lebih cocok digunakan untuk jangka panjang. Karakteristik saham yang berfundamental baik adalah memiliki keuntungan yang meningkat dari tahun ke tahun. PER lebih rendah dari perseroan lain, konsisten membagikan dividen dan masih banyak hal lain.

Saat pandemi covid-19 seperti ini memang banyak saham-saham yang anjlok tetapi percayalah ketika kamu membeli saham yang memiliki fundamental baik harga sahamnya akan rebound.

3. Punya Dana Darurat

Saat pandemi covid-19 seperti ini, dana darurat perlu dipersiapkan dengan baik, kamu bisa menyiapkannya minimal untuk enam bulan sampai 12 bulan kedepan. Dana ini perlu disiapkan karena asumsinya kamu sudah tidak memiliki pekerjaan atau gaji kamu dikurangi cukup besar.

4. Miliki Dana Investasi

Investasi saham saat ini tidak perlu mengeluarkan uang banyak, hanya dengan menyetor Rp 100 ribu kamu bisa melakukan pembukaan rekening efek di perusahaan sekuritas. Untuk dana setiap bulan pun kamu bisa sisihkan sekitar 10-20 persen untuk berinvestasi.


Itulah beberapa strategi yang digunakan ketika ingin berinvestasi saham dalam jangka panjang. Selain itu kamu juga bisa menggunakan aplikasi rekomendasi yang dapat membantu kamu menentukan saham yang ingin dipilih. Simak disini

Simak juga beberapa artikel menarik disini

Leave a Reply