Sertifikat Produksi PKRT untuk Siapa?

Sertifikat Produksi PKRT adalah sertifikat yang ditujukan kepada perusahaan rumah tangga yang ingin memproduksi produk PKRT. Produk PKRT merupakan produk-produk alat kesehatan khusus untuk pemakaian rumah tangga.

Dengan mendapatkan sertifikat tersebut, secara otomatis perusahaan rumah tangga mendapatkan izin PKRT dan juga izin edar alat kesehatan. Dan sertifikat ini hanya untuk perusahaan rumah tangga, bukan untuk perusahaan distributor.

Jadi, sertifikat ini hanya khusus untuk perusahaan-perusahaan rumah tangga yang melayani kebutuhan dari para konsumen rumah tangga. Para pelaku perusahaan rumah tangga ini sangat berperan penting bagi penggerak roda perekonomian negara.

Pengertian Perusahaan Rumah Tangga

Apa yang dimaksud dengan perusahaan rumah tangga? Apakah perusahaan kecil yang memproduksi barang dalam rumah? Jadi, perusahaan rumah tangga adalah perusahaan yang menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga konsumen.

Dimana perusahaan tersebut memproduksi sendiri produk atau jasa yang mereka jual. Dan mereka juga secara langsung mengedarkan dan menjual barang atau jasa yang mereka produksi. Persahaan rumah tangga sendiri terbagi atas 3 kelompok, yaitu Koperasi, BUMN, dan BUMS.

Perusahaan rumah tangga mempunyai peran yang sangat penting untuk memenuhi semua kebutuhan manusia. Tetapi biasanya mereka hanya fokus untuk memproduksi barang atau jasa tertentu.

Tidak ada perusahaan rumah tangga yang meproduksi semua jenis barang dan jasa. Akan sangat repot sekali untuk memproduksi dan mengelolanya. Selain itu juga, pasti akan membutuhkan banyak biaya dan modal yang sangat besar.

Perusahaan rumah tangga juga sangat penting untuk pembangunan perekonomian suatu negara. Karena adanya para pelaku usaha tersebut selain menambah lowongan pekerjaan, juga menambah pendapatan pajak negara.

Perusahaan mendapatkan keuntungan, masyarakat mendapatkan penghasilan dari pekerjaan, dan pemerintah mendapatkan dana untuk pembangunan negara. Menjadikan ketiganya saling membutuhkan satu sama lain sebagai penggerak roda ekonomi.

Apalagi dengan adanya pandemi saat ini, semoga para staff dinas pemerintah lebih meringankan persayaratan dalam pembuatan sertifikat PKRT. Karena jika mudah dalam hal pengurusan, maka para produsen rumah tangga pun akan semakin fokus untuk menghasilkan produk berkualitas.

Leave a Reply