SEJARAH DAN PENJELASAN MASJID KOBE – JEPANG

Negara Jepang adalah Negara yang tertua di dunia. Negara yang terbentuk sejak 660 SM, Negara Jepang juga terknenal dengan sebutan negeri matahari terbit ini berada di benua Asia kawasan Asia Timur. Dan memiliki Kepulauan terdiri dari, 6.852 yang tersebar dari utara hingga ke selatan dengan jumlah 4 pulau yaitu : Hokkaido, Honsu, Shikoku, dan Kyushu.

Selanjutnya kita akan membahas tentang Masjid Kobe di Jepang.

Masjid Kobe adalah masjid pertama di Jepang dan didirikan pada bulan Oktober 1935. Masjid Kobe merupakan Masjid yang pertama kali dibangun di negeri sakura, bahkan Masjid ini bisa dibilang sebagai “Masjid Ajaib”, Mengapa? Karena Masjid ini bertahan dari bencana besar yang menimpa kota Kobe. Arsitektur Masjid ini dibangun menggunakan gaya nuansa Turki tradisional oleh arsitek Ceko Jan Josef Švagr (1885-1969), 

Masjid ini juga memiliki tingkat 3 lantai dengan gaya asitektur yang terdiri dari bagian poros, galeri, dan sebuah galeri.

Untuk lantai Pertama, digunakan sebagai ruang sholat pria.

Sedangkan untuk lantai 2, digunakan sebagai ruang sholat untuk wanita

Pada bagian galeri biasa digunakan sebagai tempat muazin orang yang mengumandangkan adzan (panggilan beribadah).  Di dalam masjid Kobe dikelilingi oleh dinding marmer putih dan lukisan-lukisan emas. Ketika kita memasuki ruang ibadah, akan tampak lampu gantung yang mewah dan karpet yang cantik, kemudian juga terlihat kaca patri sederhana yang dipadukan dengan warna kuning. Di dalam Masjid ini juga memiliki sebuah perpustakaan kecil yang dipenuhi dengan buku-buku berbahasa Arab dan buku – buku tentang agama Islam dalam bahasa Jepang yang tersusun rapi.

SEJARAH MASJID KOBE – JEPANG

Kota Kobe sempat di Bom selama berlangsungnya perang ke-II dunia. Tetapi Masjid ini masih kokoh, Masjid Kobe terkenal sebagai Masjid untuk tempat berlindung selama perang. Dan Masjid ini akhirnya dibuka untuk umum destinasi wisata halal unggulan di Jepang.

Selanjutnya, pada zaman dulu Masjid ini,   pengumpulan dana untuk pembangunan masjid Kobe, butuh waktu sekitar 5 tahun untuk pembangunan untuk mendapatkan dana yang cukup.

 pada tanggal 30 November 1934 seorang pengusaha dari india memberikan dana sejumlah 66,000 Yen untuk keperluan pembangunan masjid.  Untuk Rancangan Masjid Kobe adalah Arsitek Jan Josef Svagr yang berasal dari Republik Czech.  Dan langsung memutuskan nuansa arsitektur khas Turki Usmani, dengan ciri khas kubah yang besar dan menara yang menjulang tinggi dengan ujungnya yang lancip.

Dan pada saat itu, Islam merupakan sebuah agama yang diakui secara resmi oleh pemerintah, karena  Masjid Kobe tidak dicantumkan nama sebuah masjid, namun dicantumkan secara personal.

Untuk biaya konstruksi masjid ini mengeluarkan dana sekitar 118,000 yen, yang dari sumbangan dari para pengusaha dan saudagar kaya India dan Timur Tengah. Lalu dilanjutkan ke pembangunan fasilitas gedung sekolah, pagar dan fasilitas lainnya yang menghabiskan dana 87,000 yen.

>

>

*Untuk informasi mengenai Pemesanan Kubah Masjid serta Konsultasi di Kontraktor Kubah Masjid:

CV.SINAR SURYA ABADI

• Telepon: 031-7871416

• Handphone dan Whatsapp: 081235648084/082264308124

• Alamat : Jalan Ki Suryo jati selatan Rt.24 Rw.08 Kedungturi Taman Sidoarjo – Jawa Timur 61257

• Buka Setiap Hari Pukul 08.00 – 17.00

• atau Kunjungi di https://sinarsuryaabadi.co.id/

Dapatkan harga penawaran kubah masjid terbaik dari kami dengan harga termurah serta berkualitas dengan disertai surat jaminan garansi di setiap produknya.

Kami juga bersedia survey kubah masjid di dalam kota, luar kota,maupun luar pulau dengan secara gratis.

Leave a Reply