Berikut Ini Peluang Bisnis Sabut Kelapa Untuk Pemula

Indonesia telah dikenal sebagai penghasil kelapa terbesar di dunia. Penghasil kelapa terbesar, tapi masih minim pemakaian. Minyak kelapa merupakan hasil samping dan bagian terbesar dari buah kelapa, minyak kelapa umumnya hanya digunakan untuk bahan bakar rumah yang masih menggunakan kayu bakar.

Di daerah penghasil kelapa, kulit kelapa sering dibuang. Sabut kelapa sangat dibutuhkan oleh usaha pembuatan batu bara dan genteng karena untuk proses pembakarannya. Namun ada beberapa perajin yang memanfaatkan sabut kelapa untuk diolah menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis. Suka dengan bisnis pengolahan kelapa?

Sabut kelapa atau sabut kelapa merupakan bahan utama untuk membuat berbagai produk kerajinan. Buah kelapa atau sabut kelapa yang masih kental atau kasar tersebut diolah untuk mendapatkan serat yang lembut dengan dua cara, yaitu dengan cara tradisional (manual) dan cara modern (mekanis). Cara pertama anda membutuhkan sikat kawan sedangkan cara kedua anda membutuhkan Mesin Kelapa / Cocofiber.

Sabut Kelapa

Tanaman kelapa memiliki beberapa manfaat. Semua tanaman digunakan untuk berbagai keperluan, yaitu bagian sabut kelapa. Bungkus kelapa kering dapat digunakan untuk berbagai kerajinan tangan. 

Salah satu manfaat kelapa kering adalah digunakan untuk membuat pot gantung, pot gantung terbuat dari sabut kelapa yang lembab dan mudah menyerap air, sehingga manfaat dari pot gantung dapat digunakan untuk menanam berbagai tanaman, seperti kadaka pakis, tanduk rusa, pemasok dll.

Peluang Bisnis UKM Pengolahan Sabut Kelapa

Minyak kelapa umumnya hanya digunakan untuk keperluan bahan bakar rumah tangga yang masih menggunakan kayu bakar. Di daerah penghasil kelapa, kulit kelapa sering dibuang. Tidak hanya tukang lantai dan batu yang membutuhkan sabut kelapa untuk proses pembakarannya.

Minyak kelapa umumnya hanya digunakan untuk keperluan bahan bakar rumah tangga yang masih menggunakan kayu bakar. Di daerah penghasil kelapa, kulit kelapa sering dibuang.

Namun ada beberapa perajin yang memanfaatkan sabut kelapa untuk diolah menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis. Suka dengan bisnis pengolahan kelapa?

Baca juga : Jual Cocomesh Murah dan Berkualitas

Tips Memulai Usaha Produk Olahan Sabut Kelapa

1. Menganalisa Jenis Usaha Yang Terkait

Anda bisa memastikan bahwa bisnis yang anda ingin jalani ini adalah jenis bisnis yang ingin anda kembangkan. Temukan produk olahan kelapa unggulan yang dapat lebih mendukung bisnis sabut kelapa Anda.

Lakukan analisis Break Event Point untuk mengetahui potensi yang ada pada jenis usaha Anda. Setelah itu, jelaskan rencana bisnis Anda secara detail (Perkiraan penjualan, analisis arus kas, dll.). Setelah itu, menyusun rencana pemasaran yang akan ditindaklanjuti untuk memasarkan produk sabut kelapa.

2. Perluas Networking Anda

Jaringan dapat menjadi landasan bagi kelangsungan bisnis produk kelapa Anda. Anda juga dapat join atau bergabung dengan komunitas yang terkait dengan jenis bisnis Anda.

Bisa anda lakukan sebelum anda memulai bisnis tersebut. Agar jika anda sedang ingin memasarkan produk/jasa yang anda tawarkan, Anda sudah memiliki jaringan yang luas.

3. Siapkan Modal

Modal merupakan faktor penting dalam memulai bisnis Anda. Banyak orang ingin memulai bisnis, tetapi tidak memiliki modal untuk bekerja. Modal dapat dibuat dari: modal usaha sendiri dari toko, penghimpunan modal dari investor, atau pinjaman uang dari bank, dan sistem kemitraan. Selain modal awal Anda, Anda juga harus memiliki setidaknya tiga bulan anggaran keluarga Anda di bank.

Baca juga : Cara Merawat Sapi Agar Cepat Besar dan Mudah Untuk Dicoba

Itulah beberapa tips peluang bisnis produk sabut kelapa, begitu banyak peluang bisnis yang bisa di buat dari pohon kelapa, mungkin masih banyak yang belum tergali tentang peluang bisnis sabut kelapa. Semoga bermanfaat dan  dapat membantu untuk memulai bisnis sabut kelapa, terima kasih.

Leave a Reply