Berikut Ini Olahan Daging Sapi Giling yang Mudah Untuk Diolah

Assalamualaikum Wr. Wb. kali ini saya akan menjelaskan tentang olahan daging sapi giling. Siapa di antara Kalian yang penggemar daging sapi? Daging sapi merupakan salah satu jenis daging yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat dunia, termasuk Indonesia.

Di negara-negara Barat, daging sapi bisa dimasak menjadi steak atau daging sapi panggang, sedangkan di Indonesia kebanyakan diolah menjadi semur, rendang atau daging sapi. Daging sapi memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, selain itu juga mengandung berbagai nutrisi, mulai dari vitamin hingga mineral.

Selain dimasak dengan cara diiris, daging sapi juga diolah dengan cara digiling terlebih dahulu kemudian dipadukan dengan bumbu dan dimasak menjadi olahan yang lezat. Salah satu keunggulan daging giling adalah teksturnya yang lembut dan mudah dikunyah, sehingga disimpan dengan baik.

Berikut Ini Olahan Daging Sapi Giling

Bakso

Olahan daging cincang pertama yang populer di Indonesia adalah bakso. Bakso giling adalah masakan yang terbuat dari campuran daging giling, tepung terigu, garam, merica dan berbagai bumbu. Bentuknya bulat dengan tekstur lengket namun tetap lembut.

Bakso biasanya disajikan dengan kuah kaldu daging, bihun, mie dan sayur sawi. Masakan ini sangat mudah ditemukan karena termasuk dalam kategori makanan jalanan dan sangat populer di kalangan anak-anak dan orang dewasa.

Burger

Burger merupakan salah satu makanan khas barat yang terbuat dari olahan daging cincang. Di dalam burger terdapat daging burger, tomat, selada, keju, saus tomat dan saus sambal. Daging burger tidak hanya terbuat dari daging cincang, tetapi juga dengan tambahan bumbu dan remah roti sehingga teksturnya menjadi lebih padat dan rasanya pun lebih kaya.

Spagheti Saus Bolognaise

Selanjutnya adalah spaghetti dengan saus bolognese. Saus bolognaise menggunakan campuran utama daging cincang, tomat, bawang bombay, oregano, merica dan garam. Semua bahan dimasak dengan cara ditumis hingga matang dan aromanya harum.

Biasanya saus bolognaise disajikan dengan taburan keju parmesan. Selain digunakan untuk spageti, saus bolognaise juga dapat digunakan dalam olahan pasta lainnya seperti penne dan fusilli.

Lasagna

Selain dipadukan dengan pasta spageti berupa saus bolognaise, olahan daging cincang juga bisa digunakan sebagai lapisan pada lasagna. Biasanya lapisan daging cincang ini dicelupkan dengan saus merah putih dan parutan keju mozzarella. Keju mozzarella ini bisa menambah rasa agar semakin asin.

Rolade

Terakhir, rolade terbuat dari daging cincang yang dibumbui dengan berbagai bumbu kemudian digulung dalam telur dadar dan dikukus hingga matang. Untuk penyajiannya, sandwich diiris tipis kemudian diiris dengan saus khusus dan disajikan dengan berbagai sayuran seperti buncis, wortel dan kentang rebus atau kentang goreng.

Cara Membuat Steak Daging Giling

Bahan-bahan :

  • Daging giling -150 gram
  • Tepung panir -50 gram
  • Bawang bombay -1/4 buah (dicincang halus)
  • Telur -1 butir
  • Kaldu sapi -1/2 sendok teh
  • Merica bubuk -1/4 sendok teh
  • Pala bubuk -1/4 sendok teh
  • Gula pasir -1/2 sendok teh
  • Garam secukupnya

Bahan Saus Steak Daging Cincang :

  • Margarin -1 sendok makan
  • Bombay -1/2 buah bawang (iris panjang)
  • Tepung tapioka -1/2 sendok makan
  • Saus tomat -2 sendok makan
  • Saus tiram -1 sendok makan
  • Merica bubuk -1/4 sendok teh

Bahan Pelengkap Steak Daging Cincang:

  • Sosis sapi -6 buah
  • Wortel -2 buah
  • Buncis -50 gram (rebus sebentar)
  • Kentang goreng -2 buah (potong panjang)

Cara Membuat Steak Daging Giling :

  1. Langkah pertama buat kuahnya dulu, caranya tumis bawang bombay
  2. Kemudian masukkan semua bahan yang sudah disiapkan tadi, aduk hingga rata,
  3. Lalu tambahkan 1 sendok makan tepung tapioka yang dicairkan dengan sedikit air, masak hingga meletup-letup dan mengental. .
  4. Campur bahan untuk steak daging cincang untuk membuat steak, aduk sampai semua bahan dan bumbu tercampur rata dengan daging cincang,
  5. Lalu bentuk bulat pipih lalu panggang di wajan yang sudah diolesi margarin.
  6. Sambil sesekali mengolesi sedikit saus steak.
  7. Jika menggunakan teflon biasa untuk memasaknya, lebih baik menggorengnya sebentar di minyak yang sudah direndam agar bagian dalam dagingnya bisa matang merata
  8. Lalu Anda bisa memanggangnya sebentar di teflon sambil olesi sausnya sampai matang.
  9. Untuk sosis, goreng sosis di teflon dengan mengolesinya dengan saus steak sampai matang.
  10. Steak daging giling siap disajikan.

Baca juga : Cara merawat marmut bagi pemula

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel saya tentang olahan daging sapi giling bermanfaat. Selamat mencoba…

Terima kasih:)

Leave a Reply