Laptop Kamu Cepat Panas? Simak 5 Sebab Ini!

Laptop yang cepat panas banyak disepelekan oleh orang-orang padahal jika laptop kamu terlalu panas dapat mengakibatkan berbagai macam masalah yang akan mengganggu aktivitas kerja kamu. Biasanya, masalah laptop yang cepat panas ini karena umur laptop yang sudah tua.

Jika kamu membiarkan ini terus terjadi, komponen hardware mu akan mengalami kerusakan akibat panas yang berlebihan selain itu laptop kamu juga nantinya akan lebih sering mati. Laptop yang panas ini memiliki berbagai macam sebab, ingin tau penyebab laptop cepat panas ini? Yuk simak.

  1. Penggunaan laptop yang berlebihan

Ketika kamu terlalu lama menggunakan laptop, tentunya akan mengakibatkan peningkatan suhu pada komponen-komponen laptop apalagi jika laptop kamu itu tidak di istirahat kan untuk sejenak. Hal ini akan memperparah laptop saat kamu bekerja dengan aplikasi yang berat.

  1. Meletakkan laptop diatas bantal

Dengan kamu meletakkan laptop diatas bantal atau kasur juga ternyata akan mempercepat laptop kamu menjadi lebih panas. Meletakkan laptop di atas bantal akan membuat sirkulasi udaranya menjadi buruk. Udara panas yang seharusnya dikeluarkan akan terhambat karena tertutup oleh bantal, sebaiknya hindari kebiasaan ini.

  1. Jarang membersihkan laptop

Debu-debu yang menempel pada komponen akan memperlambat kinerja laptop sehingga menyebabkan laptop menjadi cepat panas. Sebaiknya rutinlah membersihkan bagian dalam laptop juga, kamu bisa membawa laptop kamu ke tempat servis untuk dibersihkan paling tidak 6 bulan sekali.

  1. Kipas laptop tidak berfungsi

Kipas laptop saat tidak berfungsi dengan normal akan menyebabkan laptop cepat panas saat digunakan, sehingga berfungsi hawa panas akan menumpuk dalam laptop dan sulit untuk keluar jadinya tidak ada hawa dingin yang tersalurkan juga.

  1. Thermal paste dalam kondisi kering

Thermal paste ini merupakan semacam gel yang terdapat di bagian atas processor, processor ini merupakan bagian yang paling cepat panas saat digunakan. Thermal paste juga berfungsi mereduksi atau mengurangi panas yang dihasilkan processor. Processor yang sudah lama bekerja dapat menyebabkan panas menumpuk, sehingga semakin lama akan menjadi kering.

Itulah lima sebab kenapa laptop kamu menjadi cepat panas, kamu wajib mengetahuinya karena hal-hal sepele dan sering dilakukan itulah yang membuat laptop kamu menjadi cepat rusak. Ingin tau artikel menarik lainnya kamu bisa klik ini.

Leave a Reply