Fakta Menarik dan Cara untuk Membuat Kopi Susu Gula Aren

Pengen lebih paham tentang kopi susu gula aren? simak bareng yuk artikel tentang fakta menarik dan cara untuk membuat kopi susu gula aren ini.

Kopi Susu Gula Aren

kopi susu gula aren

Siapa di sini yang belum pernah mencoba kopi gula aren? Tentunya hampir semua orang, terutama yang berasal dari generasi muda, pasti pernah mencicipi setidaknya satu minuman kopi kekinian yang gerainya mudah ditemukan di berbagai tempat dengan berbagai merek. Memang banyak alasan yang membuat bisnis manis ini terasa sah.

Tak heran jika banyak pelaku usaha yang menjajal peruntungan di bisnis minuman kekinian, terus bermunculan brand-brand baru yang masing-masing membawa keunikan tersendiri, namun dengan satu persamaan yang jelas: susu dan gula aren selalu tertulis di menunya.

Sebenarnya apa sih yang membuat kopi dengan susu dan gula aren begitu populer?

Produk Lama dengan Kemasan Baru

Seperti tren di bidang lain, misalnya fashion yang terus berubah dan berputar, kopi susu yang disajikan dengan gula aren juga menjadi tren yang sempat muncul, padam, kemudian dihidupkan kembali dengan popularitas yang jauh lebih tinggi.

Idenya sebenarnya sederhana, bagaimana jika minuman kopi susu disajikan lebih manis dengan gula aren? Namun, ini bukanlah ide yang sepenuhnya baru. Sejak zaman dahulu, gula aren sering digunakan untuk menggantikan gula putih dari tebu.

Teksturnya yang lebih kental digunakan untuk membuat masakan terasa lebih enak dan menggoda.

Bagi Anda yang suka menikmati makanan dan minuman tradisional, tentunya sudah tidak asing lagi dengan konsep gula aren atau gula merah dalam jajanan pasar. Cendol dan klepon adalah beberapa contohnya.

Kopi susu sendiri juga bukan barang baru, karena kopi ini sebenarnya sudah ada sejak lama.

Yang berbeda sekarang adalah bahan yang digunakan untuk membuat kopi susu terasa lebih membumi dan terjangkau dalam bahasa Indonesia. Dulu kita menganggapnya sebagai minuman mahal dengan nama café au lait.

Kedua bahan tersebut, kopi susu dan gula aren, kemudian disajikan dalam kemasan minuman kekinian yang terasa segar sebagai ide baru.

Padahal, kalau mau, mungkin puluhan tahun lalu kita bisa menemukan minuman yang sama disajikan di rumah-rumah di pinggir perkebunan.

Branding Kopi Kontemporer Berhasil

Meski merupakan sajian sederhana yang sudah ada sejak lama, branding sebagai minuman kopi modern berhasil menghadirkan kopi susu yang disajikan dengan tambahan gula aren sebagai tren baru dalam menikmati kopi.

Menentukan pasar yang tepat, kemudian menyesuaikan branding dengan baik ke pasar tersebut, adalah keberhasilan tren ini.

Menyasar anak muda yang suka mencoba hal-hal baru, penunjukan minuman kekinian membuat generasi muda yang diincar sebagai pasar merasa tidak mau ketinggalan, kemudian mencoba berbondong-bondong mencoba.

Secara bertahap, target pasar menganggap minum kopi susu dengan tambahan gula aren sebagai budaya baru yang harus diadopsi.

ak heran jika branding yang sukses ini berhasil membawa minuman kekinian ini ke puncak popularitasnya.

Berhasil Memanfaatkan Budaya yang Ada

Keberhasilan kopi gula aren sebagai tren minuman baru tidak terjadi begitu saja.

Pelaku usaha yang merintis usaha ini bisa dikatakan cukup pandai melihat peluang dan karakteristik pasar yang dibidik.

Budaya minum kopi sendiri bukanlah sesuatu yang asing bagi masyarakat kita. Bahkan di buku pelajaran, seorang ayah digambarkan sering menikmati kopi di sore hari, biasanya dengan jajanan pisang goreng atau semacamnya, sambil menonton anak-anaknya bermain.

Kita pun tumbuh dengan pemikiran bahwa kopi adalah minuman orang dewasa, sehingga generasi muda yang juga semakin tua merasa harus ikut minum kopi sebagai langkah menuju dunia orang dewasa yang sering dibaca di buku teks.

Selain budaya minum kopi, masyarakat kita juga terbiasa dengan budaya nongkrong, bertemu teman atau orang tersayang, dan membicarakan berbagai hal atas dasar kebersamaan.

Budaya tersebut kemudian dirangkum dan difasilitasi dengan munculnya kedai kopi yang menyediakan minuman kemasan yang bisa dibawa pulang atau diminum saat itu juga sambil ngobrol.

Dengan memanfaatkan budaya tersebut dengan sebaik-baiknya maka bisnis kopi susu semakin subur dan terus berkembang.

Sangat Mudah Menemukan Toko dari Berbagai Merek

kopi susu gula aren

Bahkan para pebisnis pun sepertinya tidak ingin melewatkan peluang bisnis yang manis ini.

Seiring banyaknya pelaku usaha yang masuk ke bisnis ini, gerai-gerai kopi baru terus bermunculan, baik dari brand ternama maupun yang mulai mengembangkan sayapnya, hingga nama-nama baru yang tak mau ketinggalan.

Banyaknya pilihan yang tersedia kemudian membuat para penikmat kopi susu semakin senang, dan tentunya pelanggan yang senang serta kemudahan akses terhadap produk yang dipasarkan menjadi kunci utama agar bisnis dapat terus maju.

Tak heran jika bisnis kopi susu berkembang pesat dan diprediksi tidak akan cepat mati.

Banyaknya pelaku usaha yang berkecimpung di bisnis minuman kontemporer semakin mempersulit persaingan, namun di sisi lain juga membantu menjaga minat konsumen terhadap produk minuman kekinian agar tidak lekas keluar.

Jika Anda ingin mencoba memulai bisnis dengan potensi profit yang tinggi serta trend yang langgeng, bisnis kopi gula aren bisa menjadi jawaban terbaik.

Dengan berbagai alasan di atas, pengusaha seperti Anda sepertinya sudah menjamin masa depan bisnis yang sehat dan teruji.

Selebihnya tinggal seberapa besar keuletan dan ketekunan yang Anda miliki dalam menghadirkan nilai tambah yang unggul untuk membuat penjualan kopi susu Anda terasa berbeda di antara sekian banyak kompetitor yang bermain di bisnis ini.

Kalori dalam Kopi, Susu, Gula Aren dan Fakta Gizi

Kopi gula aren merupakan minuman kopi kekinian yang memiliki banyak penggemar. Rasanya enak karena memadukan espresso, susu segar, dan gula aren cair manis.

Varian es kopi gula aren kini ditawarkan hampir di semua gerai minuman kopi kekinian. Anda bisa minum es kopi susu ini lebih dari dua gelas sehari!

Eits, tapi kebiasaan itu sebaiknya tidak dilakukan karena kandungan kalori dari segelas es kopi, susu, gula aren.

dr. Felicia Siswanto menulis kalori 1 cangkir es kopi, susu, gula aren sama dengan jalan cepat / jogging sejauh 5 km.

“Kok bisa? Kamu bilang gula aren lebih sehat dari gula pasir?” dia menulis. dr. Feli kemudian merinci kandungan kalori es kopi dengan gula aren.

Kombinasi espresso dan susu full cream sudah mengandung 150-180 kalori. Kemudian dalam satu gelas es kopi gula aren, biasanya menggunakan 3-4 sendok makan gula aren. Nilai kalorinya 192.

Jadi, total segelas es kopi gula aren mengandung 370 kalori.

dr. Feli juga menyoroti kandungan indeks glikemik gula aren yang lebih rendah. Faktanya memang benar bahwa gula jenis ini tidak menaikkan gula darah dengan cepat.

Tapi dari segi kalori, gula aren dan gula pasir itu sama. Aroma dan rasa gula aren yang lebih nikmat menjadi alasan gula jenis ini banyak digunakan sebagai campuran kopi.

Di akhir video, dr. Feli juga berpesan agar tidak terlalu sering minum es kopi gula aren. Apalagi bagi yang sedang diet.

Cara Membuat Kopi Susu Gula Aren

kopi susu gula aren

Cukup mudah untuk membuat kopi kekinian yang satu ini, cukup siapkan beberapa bahan yang akan digunakan berikut ini.

  • 2 sdt atau 1 saset kopi instan
  • 30-50 ml air
  • 120 ml susu fresh milk atau UHT
  • 20-30 ml gula aren cair

Cara untuk membuat es kopi susu kekinian :

  1. Larutkan gula aren yang sudah dicacah pada air mendidih. Dinginkan dan sisihkan.
  2. Siapkan gelas, seduh kopi dengan air panas. Diamkan.
  3. Pada gelas saji, tuangkan gula aren cair.
  4. Tambahkan es batu secukupnya.
  5. Tuangkan susu secara perlahan.
  6. Masukkan kopi yang sudah diseduh.
  7. Kopi sudah jadi

**********

Demikian artikel yang bisa saya bagikan kepada Anda, semoga bisa bermanfaat. Jika Anda tertarik untuk mencoba resep kopi lainnya, anda bisa membaca artikel tentang resep kopi kekinian paling lengkap yang satu ini.

Dan jika Anda tertarik untuk membeli atau mengoleksi mesin baik itu mesin pengolah kopi ataupun mesin pengiling kopi, Anda bisa mencarinya di rumah mesin. Karena disana tersedia banyak jenis mesin-mesin yang sangat berguna.

_Terima Kasih & Selamat Mencoba_

Leave a Reply