Masjid Termegah di Abu Dhabi: Masjid Agung Sheikh Zayed Terbesar Ketiga di Dunia

Uni Emirates Arab begitu melekat dengan kemewahan dan kemegahan. Semua image mewah yang terdapat di dunia dapat ditemui disana. Masjid yang besar nan megah juga da di negara itu. Masjidnya bernama Masjid Agung Sheikh Zayed. Masjid ini terletak di Kota Abu Dhabi. Masjid paling besar di kota ini dinamai Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan sama dengan Presiden Pertama Uni Emirat Arab. Struktur yang begitu menakjubkan dari masjid ini telah memukau banyak wisatawan internasional dan menjadikannya sebagai yang terbaik ketiga di dunia.

Almarhum Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan sebagai pendiri dari Uni Emirat Arab mempunyai visi yaitu untuk mengkombinasikan gaya arsitektur dari peradaban-peradaban muslim serta meciptakan keberagaman budaya yang begitu indah dan berbentuk dasar yang inspiratif. Arsitek masjid ini asalnya dari Italia, Inggris, dan Uni Emirat Arab. Untuk ide ispirasinya menggunakan gaya arsitektur Maroko, Turki, Mesir, dan Pakistan. Keajaiban dalam arsitektur yang dirancang ini juga digunakan untuk dapat menampung sekitar 40.000 jamaah dan pengunjung. Masjid ini tingginya 11 meter di atas permukaan laut serta tinggi 9,5 meter di atas permukaan tanah, sehingga bangunan masjid terlihat dari berbagai arah. Untuk pembangunan proyeknya bernilai 2,5Miliar Dirham Uni Emirates Arab yang dimulai pada akhir tahun 1996.

Ketika berlangsungnya pembangunan masjid ini, Sheikh Zayed mempunyai permintaan supaya masjid didirikan di pusat kota Abu Dhabi diantara Jembatan Maqta dan Jembatan Musaffah. Masjid ini dibangun selama 12 tahun. Kurang lebih pembangunan masjid ini melibatkan 38 perusahaan kontraktor serta 3.500 pekerja. Luas masjid ini 22.412m². Ada 82 buah kubah yang dipakai untuk pembangunan masjid ini, untuk kubah utamanya menjadi kubah masjid terbesar di dunia yaitu dengan ketinggian 85 meter dan berdiameter 32,8 meter. Untuk aula utama dapat menampung sekitar 7.126 jamaah. Desain yang digunakan begitu unik, setelah menyelesaikan tahap pertama yaitu membangun dengan material berstruktur dari beton, masjid ini lalu diberi aksen marmer putih yang berasal dari Italia dan Yunani.

Masjid ini dibuka pada 20 Desember 2007. Pada awalnya, masjid ini dibuka untuk umum serta ada acara doa bersama. Untuk petama kalinya, acara doa bersama diselenggarakan di depan Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan yang menjabat sebagai Presiden Uni Emirates Arab. Menakjubkannya, interior lainnya seperti karpet yang digelar untuk lapisan lantai aula utama masjid sekitar 5.625m². Karena masjid ini sangat besar sehingga dalam membuat karpet dikerjakan sebanyak 1.300 pengrajin yang berasal dari Iran dengan memakai sebanyak 35 ton benang wol serta kapas sebanyak 12 ton. Pada bagian alas masjid tersebut, dalam membuat karpet menggunakan sebanyak 25 warna alami. Warna yang dominan adalah hijau karena merupakan warna kesukaan Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan. Masjid ini dibuka 24 jam bagi umat muslim yang ingin beribadah maupun berdoa.

*Untuk informasi mengenai Pemesanan Kubah Masjid serta Konsultasi di Kontraktor Kubah Masjid:

CV.SINAR SURYA ABADI

• Telepon: 031-7871416

• Handphone dan Whatsapp: 081235648084/082264308124

• Alamat : Jalan Ki Suryo jati selatan Rt.24 Rw.08 Kedungturi Taman Sidoarjo – Jawa Timur 61257

• Buka Setiap Hari Pukul 08.00 – 17.00

• atau Kunjungi di https://kubah-surya.com

Dapatkan harga penawaran kubah masjid terbaik dari kami dengan harga termurah serta berkualitas dengan disertai surat jaminan garansi di setiap produknya.

Kami juga bersedia survey kubah masjid di dalam kota, luar kota,maupun luar pulau dengan secara gratis.

Leave a Reply