Jalan Perumahan Membutuhkan Pengerjaan Jasa Pengaspalan Jalan Jenis Ini

jasa aspal hotmix murah

Aspal diproduksi dan diaplikasikan dengan berbagai jenis. Bisa dipilih berdasarkan permintaan pelanggan, kondisi jalan, bisa juga sesuai fungsinya. Ada aspal yang diproduksi khusus untuk jalan perumahan, ada yang untuk jalan konstruksi dengan tonase tinggi. Ada yang berfungsi untuk pelapis dasar, juga ada yang untuk finishing. Jenis apa yang dibutuhkan untuk perumahan?

Jalan Perumahan Lebih Nyaman Digunakan

Karena menjadi jenis yang paling umum, seharusnya setiap jasa pengaspalan jalan menawarkannya. Pasti ada jasa pengaspalan jalan di kota Anda yang menawarkan pengerjaan untuk perumahan. Baik itu kompleks perumahan, perkampungan, maupun jalan perbatasan.

Dua jenis jasa pengaspalan jalan yang diberikan untuk perumahan adalah fine grade dan shand sheet. Keduanya tergolong jenis aspal hotmix, namun tetap ada perbedaan dari keduanya. Fine grade diaplikasikan dengan tebal 3 cm, sedangkan shand sheet digelar setebal 2,8 cm. Sedikit lebih tipis.

Jenis fine grade biasanya hanya digunakan untuk perumahan saja, sedangkan shand sheet juga biasa digunakan untuk jalanan parkir. Keduanya sama-sama diproduksi dengan agregat khusus untuk jalan dengan aktivitas rendah sampai sedang. Dengan tonase rendah, tidak dilalui alat berat atau alat transportasi ukuran besar.

Ada yang memesan pengaspalan jalan untuk perumahan menggunakan prime coat, juga ada yang tidak. Sebab meskipun judulnya untuk perumahan, kondisi antara perumahan satu dengan lainnya berbeda-beda. Dengan demikian, dibutuhkan tidaknya prime coat sebelum diaplikasikan fine grade atau shand sheet akan disesuaikan dengan kondisi.

Prime coat ini akan dibutuhkan jika butiran lapis pondasi agregat di bawahnya memiliki struktur yang rapuh. Dibutuhkan prime coat supaya butiran di struktur tersebut tidak lepas. Perumahan di daerah yang curah hujannya tinggi juga akan membutuhkan lapisan ini.

Sebab lapisan prime coat akan memberikan perlindungan ekstra ke dalam lapisan pondasi dari pengaruh cuaca. Jika lapisan prime coat ini tidak ada, maka jalan akan rawan rusak. Yang mana pada akhirnya justru membuat boros karena membutuhkan coating ulang supaya tetap aman pengendara atau pengguna jalan. 

Leave a Reply