Ini Manfaat Menjadi Anak Kost!

Perantau biasanya identik dengan menjadi anak kos terutamanya yang menjadi anak kos adalah mahasiswa. Mahasiswa ini biasa berasal dari luar daerah dan memilih untuk tinggal dan menyewa di kamar satu petak.

Walaupun saat kos akan ada banyak hal yang dialami, seperti homesick, rindu keluarga dikampung dan merasa berat menjalani hari-hari sendiri tapi ada beberapa manfaat lainnya bagi anak-anak kost ini lho, simak berikut ini.

  1. Punya rasa tanggung jawab

Walaupun saat kos kamu lebih sering mengatur hidupmu sendiri selama, dan selama masa itu semakin lama kamu akan semakin mengerti dengan tujuan dan harapan yang orang tua berikan kepada mu sehingga secara tidak langsung akan tumbuh rasa tanggung jawab atas kebebasan yang kamu miliki ini.

Hal ini yang akan melatih kamu untuk menjadi pribadi yang lebih disiplin lagi, karena kamu akan berusaha untuk tidak mengecewakan orang tuamu.

Simak rekomendasi saham hari ini dengan aplikasi.

2. Lebih mandiri

Anak kos memang lebih mandiri, karena mereka hanya tinggal sendiri dan telah memutuskan untuk tinggal jauh dari keluarga. Menjadi seorang anak kos kamu dituntut untuk melakukan semua hal sendiri, baik anak laki-laki maupun perempuan. Karena kamu sendirian, jadi mencuci baju, menyiapkan makanan dan lain-lain kamu yang wajib mengurus sendiri bahkan saat kamu sakit pun juga begitu.

3. Belajar berhemat

Wajib hukumnya bagi anak kos untuk menghemat uang kiriman dari orang tua dengan menjadi anak kos ini kamu juga belajar untuk mengatur dan mengelola keuangan dengan baik.

Sebaiknya jangan menerapkan prinsip kaya di awal bulan, karena dengan begitu saat akhir bulan kamu akan kebingungan mencari makan bahkan sampai menyiksa diri sendiri.

4. Dekat dengan orang disekitar

Selain hal-hal diatas karena kamu hanya memiliki dirimu sendiri hal yang lumrah jika kamu terbiasa dengan orang-orang yang ada disekitar kamu. Kamu akan memiliki rasa empati yang besar dan rela berbagi dengan mereka karena merasa senasib sepenanggungan. Lakukan hal ini dengan ikhlas ya.

5. Kreativitas meningkat

Manfaat lain ketika menjadi anak kos adalah kreativitas kamu akan meningkat, kamu akan dituntut untuk menjadi kreatif karena harus berhemat, bisa saja kamu akan menjual barang-barang kamu atau mungkin kamu melakukan daur ulang.

Banyak juga mahasiswa yang kos membuat usaha kecil-kecilan seperti berjualan makanan sehingga akan mendapatkan uang lebih.


Seperti itulah manfaat menjadi seorang anak kos, berusaha tetap melewati masa-masa itu dengan baik ya. Kamu bisa simak artikel terkait disini [Simak 5 Tips Hidup Hemat untuk Anak Kos].

Leave a Reply