Gula Darah Stabil, Bisakah Berhenti Minum Obat Diabetes?

Sebagai penderita diabetes, Anda mungkin bertanya-tanya, “Apakah saya bisa berhenti minum obat?”. Apalagi jika gula darah Anda stabil. Sebenarnya minum obat diabetes merupakan keharusan bagi penderita diabetes untuk mengontrol gula darah.

Berkonsultasi dengan dokter merupakan langkah pertama yang harus di lakuakan jika anda ingin berhenti minum obat. Agar lebih jelas, inilah yang harus Anda ketahui tentang cara berhenti minum obat diabetes!

Alasan ingin berhenti minum obat

Tidak apa-apa untuk bertanya kepada dokter Anda apakah Anda bisa berhenti minum obat jika gula darah Anda sudah stabil. Dokter tentu akan menanyakan beberapa hal mengapa anda ingin berhenti minum obat, misalnya seperti:

  • Apakah anda tidak bisa teratur minum obat?
  • Apakah kualitas hidup anda menurun karena efek sampingnya?
  • Apakah harga obatnya terlalu mahal?

Saya pikir itu yang akan ditanyakan dokter. Setelah itu, bersama dengan dokter, Anda harus menentukan trik atau cara bagaimana menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Dalam kebanyakan kasus, dokter Anda tidak akan memberi tahu Anda untuk minum obat diabetes jika Anda tidak membutuhkannya. Untuk bisa berhenti mengonsumsi obat, dibutuhkan diskusi mendalam antara penderita diabetes dan dokter.

Kapan obat bisa dihentikan?

Mengurangi dosis atau berhenti minum obat diabetes ini juga masih aman, pada sebagian kecil kasus. Namun, keputusan ini baru bisa diambil setelah melalui diskusi mendalam dengan dokter.

Jika ketiga hal tersebut terbukti mampu mengembalikan kadar gula menjadi normal, maka Anda bisa berhenti mengonsumsi obat tersebut. Anda juga dapat berhenti minum obat diabetes jika Anda memiliki kondisi berikut:

  • Kadar hemoglobin A1C kurang dari 7%
  • Gula darah puasa pagi di bawah 130 miligram per desiliter (mg/dL)
  • 180 mg/dL merupakan kadar gula darah umum dan setelah makan

Pemeriksaan tersebut tidak bisa di lakuakn sekali saja, namun harus di lakukan secara berkala. Jika Anda belum memenuhi kriteria kondisi di atas, terlalu berbahaya untuk berhenti minum obat. Keputusan yang anda ambil sendiri merupakan hal yang salah. konsultasikan dengan dokter anda jika itu berkaitan dengan masalah pengobatan.

Sulit juga untuk berhenti minum obat bagi penderita diabetes yang telah mengalami berbagai komplikasi dan harus mengonsumsi 2-3 jenis obat diabetes. Kesempatan untuk berhenti minum obat diabetes biasanya hanya untuk penderita pradiabetes yang hanya mengonsumsi satu jenis obat diabetes.

Tidak bisa selamanya

Bahkan jika Anda telah bekerja keras untuk mengendalikan diabetes Anda dengan makan makanan yang sehat dan berolahraga, masih ada kemungkinan Anda harus minum obat lagi. Anda harus tahu bahwa diabetes adalah penyakit progresif.

Mungkin sekarang Anda bisa berhenti minum obat, tapi dalam jangka panjang sulit diprediksi. Bahkan orang sehat pun tidak dapat memprediksi kesehatan masa depan mereka.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan selama beberapa tahun, sejumlah penderita diabetes diharuskan melakukan perubahan gaya hidup. Dalam seminggu, mereka harus berolahraga selama 175 menit dan hanya mengonsumsi 1200 – 1800 kalori per hari.

Akibatnya, kebanyakan penderita diabetes dapat mempertahankan gula darah pada tingkat normal tanpa minum obat. Namun, dari semua penderita diabetes, yang paling sukses adalah mereka yang mengalami penurunan berat badan.

Kebanyakan dari mereka juga baru saja didiagnosa mengidap diabetes, artinya penyakitnya tidak parah.

Sebaliknya, meski ada juga penderita diabetes yang bisa berhenti minum obat, obat itu hanya bertahan beberapa tahun. Di akhir penelitian, hanya separuh dari jumlah sebelumnya yang bisa hidup tanpa diabetes.

Leave a Reply