Cara Merawat Sapi Agar Cepat Besar dan Mudah Untuk Dicoba

Assalamualaikum W. Wb. pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara merawat sapi agar cepat besar. Penting untuk memperhatikan cara merawat sapi agar sapi menjadi gemuk dalam waktu singkat. Bagi peternak yang beternak sapi, waktu penggemukan sangat penting karena sangat berkaitan dengan keuntungan.

Baca juga Web utama kami Rumah Mesin 

Cara Merawat Sapi Agar Cepat Besar

Pembuatan Kandang Sapi

Cara merawat sapi agar cepat gemuk dalam waktu singkat bisa dimulai dari membuat sapi. Kandang sapi sangat berpengaruh jika proses penggemukan sapi tidak cepat.

Secara umum ada dua jenis sapi, yaitu tipe individu dan tipe kelompok. Kedua jenis lumbung tersebut dapat diatur sesuai dengan jumlah sapi yang dipelihara oleh peternak.

Pada tipe kandang individu sapi, masing-masing sapi memiliki luas 2,5 m x 1,5 m. Jenis lumbung ini merupakan jenis lumbung yang cocok jika petani menginginkan sapi yang gemuk dan cepat serta cepat.

Jenis kandang sapi individu telah terbukti efektif untuk penggemukan sapi dalam waktu singkat. Karena wadah makanan untuk sapi juga dipisahkan sehingga sapi tidak kesulitan mencari makanan.

Jenis kandang sapi juga membuat sapi tidak bisa bergerak bebas. Pergerakan ternak bebas harus dicegah jika peternak ingin proses penggemukan dilakukan dengan cepat.

Baca juga : Mesin pencacah rumput multifungsi

Pemilihan Bibit Sapi yang Sehat

Cara terbaik untuk menjaga sapi anda gemuk dalam waktu singkat adalah dengan memilih kawanan yang sehat dan unggul. Perlu diperhatikan bahwa benih sapi sangat berpengaruh jika proses penggemukan sapi tidak cepat.

Jadi usahakan untuk tidak salah memilih bibit sapi, karena hal ini juga akan mempengaruhi keuntungan yang akan anda dapatkan. Salah memilih ternak juga akan membuat biaya penggemukan ternak saya menjadi besar.

Artinya, sapi dengan proses penggemukan yang lama pasti akan membutuhkan pakan di luar waktu yang telah ditentukan. Seharusnya, Anda tidak ingin keuntungan yang direncanakan berkurang dengan menghabiskan pakan sapi, sambil menunggu rencana tersebut.

Maka untuk menghindari segala kerugian akibat salah memilih ternak, perlu diperhatikan tips memilih bibit sapi unggul. Tips memilih benih yang lebih unggul dari lemak sapi dapat dilihat dari karakteristik ras sapi.

Cara Penggemukan Sapi

Cara merawar sapi agar menjadi gemuk dalam waktu singkat adalah dengan memilih sistem penggemukan sapi yang tepat. Sistem yang sering digunakan di Indonesia untuk cepat menambah berat badan adalah penggunaan kurung.

Selain ukuran kandang, kebiasaan makan, umur dan kondisi ternak, sistem penggemukan juga mempengaruhi kecepatan proses penggemukan.

Dengan adanya sistem pengereman, nilai jual dapat ditingkatkan secara maksimal. Peternak juga dapat menggunakan kotoran sapi yang dapat digunakan untuk pupuk kandang.

Pakan Sapi

Cara merawat sapi agar cepat gemuk adalah dengan memberinya pakan yang tepat. Rumusnya adalah setiap hari sapi membutuhkan 10%-12% pakan ternak dan 1%-2% pakan tambahan dari bobot sapi.

Pemberian pakan dapat diberikan 3 kali sehari, dan pemberian pakan tambahan dapat diberikan sebelum pemberian pakan. Untuk menunjang berat badan yang maksimal, sapi juga harus diberikan suplemen dari bahan organik.

Mencegah dan Mengobati Penyakit

Cara merawat sapi agar cepat gemuk selanjutnya adalah dengan mencegahnya sakit. Jika sapi terinfeksi, maka harus diobati.

Salah satu cara agar sapi terserang oleh penyakit atau virus adalah dengan membersihkan kandang dan memandikan sapi secara rutin. Pastikan lantai gudang kering dan karantina sapi yang terinfeksi. Jangan lupa untuk divaksinasi secara teratur.

Baca juga : Cara Membuat Pancake Rumahan Enak dan Mudah Dicoba

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel saya tentang cara merawat sapi agar cepat besar bermanfaat. Selamat mencoba…

Terima kasih:)

Leave a Reply