Cara Merawat Marmut Bagi Pemula Terbaru 2021!!!

Assalamualaikum Wr. Wb. kali ini saya akan menjelaskan tentang cara merawat marmut bagi pemula. Marmut merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara karena kelucuannya. Hewan ini juga biasa disebut marmut, guinea pig atau tikus gunung. Memang, bentuk dan ukurannya sangat mirip dengan Tikus. Ini sangat bagus. Dan memeliharanya merupakan cara yang baik dan benar dalam merawat marmut.

Nama kelamin tikus besar ini adalah Marmota. Meskipun ada banyak spesies, seperti Marmota caudata dan Marmota sibirica. Marmut populer di kalangan anak kecil. Orang dewasa juga menyukainya. Apalagi sekarang ini banyak sekali jenis marmut hias yang memiliki bulu panjang. Cara memelihara marmut jenis ini jelas semakin rumit karena harus bersabar.

Cara Merawat Marmut Bagi Pemula

Lihat saja berbagai cara membuat marmot sehat dan lucu untuk pemula. Di bawah ini saya akan menjelaskan tentang cara merawat marmut bagi pemula :

1. Pemilihan Jenis Marmut yang Cocok

Cara pertama untuk merawat marmot adalah dengan memilih jenis marmut yang tepat. Kenapa ini? Sehingga dikemudian hari seseorang benar-benar mencintai marmut. Orang-orang ketika mereka sedang jatuh cinta membutuhkan hewan peliharaan mereka untuk bertanggung jawab dan perhatian. Dan yang terpenting, jangan mudah bosan.

2. Pengecekan Kesehatan Marmut ke Ahlinya

Memeriksakan kesehatan marmut kepada ahlinya juga merupakan salah satu cara merawat marmot. Ahli di sini tidak harus dokter hewan. Tapi itu juga termasuk orang-orang yang tahu semua tentang marmut. Misalnya, peternak marmut atau pecinta hewan pengerat.

3. Pembuatan Kandang yang Bagus

Perawatan marmut juga dimulai dengan membuat kandang yang baik. Jangan hanya melakukannya. Kemudian, marmut itu melarikan diri. Kandang dapat dibuat dari kayu, bambu, besi, baja atau bahan keras lainnya. Sediakan ventilasi yang cukup dan tidak terlalu besar. Berikan juga lubang tembus. Dan tempat makan juga harus dibuat dengan kandang ini.

4. Pemberian Pakan yang Tepat

Nutrisi yang tepat adalah cara merawat marmut yang tidak boleh diabaikan. Marmut adalah herbivora, jadi beri mereka pola makan nabati. Makanan terbaik untuk marmut disebut Hay atau rumput. Ini merupakan jenis rumput impor yang dijual di Pet Shop. Harga bervariasi dan biasanya mahal. Tapi marmut sangat menyukainya.

5. Pemilihan Lokasi Penempatan Kandang

Cara merawat marmut yang baik dan benar juga sangat penting. Jika anda membuat kandang, itu harus menjadi kandang permanen. Dan letakkan di tempat dengan atap. Padahal kandang marmut sendiri sudah memiliki atap. Hal ini untuk memberikan kesan cinta dan keteduhan pada marmut.

6. Memelihara Marmut Baru untuk Teman Marmut Lama

Cara merawat marmot selanjutnya adalah dengan memelihara lebih dari satu marmut. Jika marmut hanya memiliki satu, pikirkan untuk membeli satu lagi suatu hari nanti. Beli misalnya untuk nikah supaya nanti punya anak. Jangan biarkan marmut sendirian dan mati dengan cepat.

7. Vaksinasi Marmut 

Bukan hanya anjing dan kucing yang perlu divaksinasi. Marmut juga membutuhkannya. Ikuti program yang direkomendasikan untuk memvaksinasi marmut dari dokter hewan anda. Vaksin terbaik adalah mencegah penyakit dan menyuntikkan vitamin tertentu, seperti vitamin C.

8. Pembersihan Bulu-Bulu Marmut dan Organ Tubuh Lainnya

Terkadang marmut juga perlu dimandikan. Setidaknya bersihkan bulunya. Jika jenis rambut panjang juga perlu disisir dengan hati-hati.. Agar tidak terlihat kusut. Ini adalah cara merawat marmut yang terkadang diabaikan oleh para pemula. Namun hati-hati saat memandikan marmut, maka tubuhnya harus segera dikeringkan. Mencegah masuk angin.

9. Melatih Kecerdasan dan Mental Marmut

Latih kecerdasan dan mentalitas marmut anda dengan membiarkannya berjalan dan berkomunikasi secara teratur. Berpartisipasi dalam klub marmut juga merupakan langkah bagus dalam serangkaian cara merawat marmut.

10. Tips Mengubur Marmut yang Sudah Mati

Marmut adalah makhluk hidup. Maka suatu hari harus mati. Nah, jika marmut mati, ada poin yang sangat bijak dan penuh kasih sayang untuk mengubur marmut di tanah yang dalam. Atau membuang bangkai ke sungai yang mengalir. Ini adalah cara merawat marmut yang terlihat sepele, tetapi pada dasarnya sangat cerdas, bertanggung jawab, mulia dan sehat.

Baca juga : Cara membuat puding roti tawar coklat

Demikian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Jika semua cara merawat marmut bagi pemula di sini sudah diterapkan. Kami percaya bahwa marmut yang kami pelihara akan sehat dan memiliki harapan hidup yang tinggi. Tubuhnya akan tumbuh besar. Marmut menjadi lebih pintar dan membuat banyak orang bersemangat.

Leave a Reply