Cara Menyimpan Frozen Food Tanpa Kulkas

Cara Menyimpan Frozen Food Tanpa Kulkas

Makanan beku atau biasa kita kenal dengan sebutan frozen food menjadi pilihan yang tepat terutama bagi Anda yang sibuk dan tidak memiliki waktu yang banyak untuk memasak. Frozen food biasanya di simpan dalam freezer agar tidak mudah rusak dan bisa tahan lama. Namun, apa jadinya jika tidak ada freezer box ataupun kulkas? lalu bagaimana cara menyimpan frozen food tanpa menggunakan mesin pendingin? mari simak cara-cara berikut ini.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Frozen Food Agar Bisa Tahan Lama

Cara Menyimpan Frozen Food Tanpa Kulkas

1. Letakkan di Wadah Berisi Air Dingin

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk menyimpan frozen food tanpa kulkas yaitu dengan memanfaatkan air dingin.

Siapkan sebuah wadah besar yang kiranya bisa menampung bungkusan frozen food Anda. Isi wadah tersebut dengan air dingin hingga frozen food bisa terendam. Setelah itu masukkan produk frozen food Anda dan rendam dalam wadah tersebut selama 2 jam.

Anda perlu mengganti air dingin yang ada di dalam wadah penyimpanan frozen food setiap 2 jam sekali. Hal ini disebabkan karena suhu dingin dari air yang diambil dari dispenser biasanya akan cepat hilang.

2. Masukkan ke dalam Wadah Berisi Es Batu

Selain menggunakan air dingin, Anda juga dapat menyimannya dengan memanfaatkan es batu. Jika tidak memiliki kulkas, Anda juga bisa membelinya di warung dekat rumah.

Penyimpanan frozen food ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan wadah yang tertutup dan berukuran besar. Sebaiknya Anda memilih wadah yang berbahan dasar plastik atau stainlees steel. Dengan ini suhu dingin pada penyimpanan akan lebih lama.

Pastikan juga wadah yang Anda gunakan kedap air dan dapat menampung lelehan dari es tersebut.

Masukkan frozen food ke dalam wadah bersamaan dengan es batu. Kemudian tutup yang rapat. Saat es sudah mulai mencair dan suhu di dalam wadah tidak dingin lagi, Anda bisa mengganti atau menambahkan es di dalamnya.

Tips | Cara Menyimpan Frozen Food Tanpa Kulkas

Seperti yang kita tahu, produk makanan beku atau frozen food tidak dapat disimpan terlalu lama pada suhu ruangan. Meskipun dengan di ruangan berAC sekalipun, frozen food tidak akan lebih awet dibandingkan dengan penyimpanan di dalam kulkas.

Anda masih bisa membeli produk frozen food meskipun Anda tidak memiliki kulkas untuk penyimpanannya. Namun, Anda perlu memperhatikan tips-tips berikut ini.

1. Langsung Dimasak Setelah Beli

Jika tidak memiliki lemari pendingin maka Anda sebaiknya jangan terburu-buru untuk membeli prosuk frozen food. Belilah frozen food ketika Anda hendak mengolah dan memasaknya.

Jadi Anda tidak perlu menyimpan frozen food selama berhari-hari, karena Anda langsung memasaknya beberapa jam setelah dibeli. Tentunya hal ini bisa menghindari kerusakan pada frozen food, sehingga rasa, kualitas, dan gizinya masih terjaga.

2. Habiskan Setelah Dibuka

Tips selanjutnya yang dapat Anda lakukan saat tidak ada lemari pendingin untuk penyimpanan makanan beku yaitu dengan menghabiskan produk frozen food jika sudah dibuka kemasannya. Produk frozen food yang kemasannya telah dibuka hanya dapat bertahan sekitar 5-8 jam jika disimpan pada suhu ruangan.

3. Ambil Frozen Food Usai Berbelanja

Saat Anda berbelanja di supermarket, pastikan Anda mengambil produk frozen food paling terakhir, yaitu setelah Anda selesai mengambil barang-barang lain dan hendak membayar ke kasir.

Daya tahan dari frozen food akan menurun jika terlalu lama dibiarkan pada suhu ruangan.

4. Beralih ke Makanan Kaleng

Seperti namanya, produk frozen food memang sebaiknya di simpan dalam freezer lemari pendingin. Anda tidak bia menyimpan frozen food pada suhu ruangan selama berjam-jam bahkan berhari-hari.

Jika tidak memiliki lemari pendingin, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli makanan kaleng seperti sarden, kornet, dan lain-lain. Bedanya dengan frozen food, makanan kaleng dapat bertahan lama meskipun dibiarkan pada suhu ruangan.

Jadi, kesimpulannya jika Anda ingin memasak frozen food namun tidak memiliki kulkas, Anda bisa membelinya saat hendak memasaknya. Jangan mengambil risiko dengan menyimpan frozen food pada suhu ruangan terlalu lama karena frozen food akan rusak dan tidak bisa dimakan.

Baca Juga: Cara Membuat Chicken Katsu Frozen dan Saus Teriyaki

Demikian tadi cara menyimpan frozen food tanpa kulkas. Sangat mudah bukan? untuk informasi menarik lainnya, Anda dapat mengunjungi website kami hanya di sini.

Leave a Reply