Cara Membuat Tungku Arang Dengan Media Ember Bekas!

Selamat datang di artikel saya! Di dalam artikel ini kita akan membahan tentang cara membuat tungku arang dengan ember bekas. Sebelum itu yuk ketahui dulu apa itu arang!!!

cara membuat tungku arang

Orang-orang menggunakan arang hampir setiap hari untuk kebutuhan rumah tangganya. Mungkin untuk kebanyakan orang, arang lebih populer untuk keperluan memasak. Selain itu, arang juga dapat berguna untuk kegiatan lain, seperti halnya berkebun.

Orang-orang yang hobi berkebun sudah banyak mengetahui manfaat arang ini untuk tanaman, namun tidak untuk orang-orang awam. Sangat mudah untuk kita menemukan arang, karena sudah bahan baku dari arang tersebut sangat mudah di jumpai seperti sekam padi, tempurung kelapa, ataupun tongkol jagung.

Definisi Arang

Arang merupakan residu hitam yang terdiri dari karbon tidak murni yang bisa didapatkan dengan cara menghilangkan kandungan air dan juga komponen volatil dari hewan atau tumbuhan tersebut. Memanaskan kayu, gula, tulang, dan benda lain dapat menghasilkan arang.

Jenis Arang

Jenis arang menurut bahan bakunya :

1. Arang Kayu

Jenis arang yang pertama yaitu terbuat dari kayu dan sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti, memasak.Manfaat lain dari arang kayu untuk tanaman yang bisa menjadi media tanam, sebagai media menjernihkan air dan yang lainnya.

2. Arang Serbuk Gergaji

Arang jenis ini terbuat dari bahan serbuk gergaji yang dihasilkan dengan cara dibakar. Serbuk gergaji merupakan bahan sisa produksi yang sebagian besar sangat jarang dimanfaatkan lagi karena biasanya menjadi sampah produksi kayu.

Di pasaran, harga arang serbuk gergaji terbilang cukup murah. Arang serbuk gergaji biasanya berguna untuk bahan bakar maupun juga bisa dapat dimanfaatkan sebagai campuran pupuk atau diolah kembali menjadi briket arang.

3. Arang Sekam Padi

Jenis arang ini digunakan untuk bahan pupuk dan juga bahan baku dalam pembuatan arang briket. Arang ini terbuat dari sekam yang diperoleh ditempat-tempat penggilingan padi. Selain digunakan sebagai arang dan juga dibakar, sekam padi juga biasanya sebagai bekatul untuk bahan pakan ternak.

Tak hanya itu, di wilayah pesemaian arang sekam juga dijadikan sebagai campuran media tanaman. Hal ini dilakukan karena sekam padi disinyalir memiliki kemampuan daya serap dan dapat digunakan sebagai media penyimpanan air cadangan makanan tanaman.

4. Arang Batok Kelapa

cara membuat tungku arang

Yang selanjutnya adalah arang abtok kelapa. Arang jenis ini berasal dari tempurung kelapa yang memiliki bentuk tipis seperti lempengan. Arang jenis batok kelapa adalah salah satu arang yang sangat ditemukan di pasaran, dengan harga terjangkau. Kelebihan arang jenis ini yaitu abunya yang sedikit dan juga nyala api bisa bertahan cukup lama.

Asapnya juga tak banyak. Dan yang terpenting adalah arang batok tidak mudah membuat makanan jadi gosong ataupun hangus. Namun, kelemahan dari arang ini yaitu harga jualnya yang cukup mahal.

5. Arang Serasah

Arang serasah adalah salah satu jenis arang yang terbuat dari bahan dasar serasah atau terkenal dengan sebutan sampah dari dedaunan. Mendapatkan jenis arang yang satu ini pun termasuk mudah serta gampang untuk dihancurkan.

6. Arang Kulit Buah Mahoni

Arang ini adalah jenis yang berasal dari bahan baku kulit buah mahoni. Membakar kulit dari buah tersebut dapat menghasilkan arang.

Arang ini dibuat dan diproses dengan menggunakan tungku api pada drum, sama halnya dengan pembuatan arang kayu. Arang ini sudah terbukti memiliki kualitas yang bagus dan cukup baik. Bahkan jika dibakar, arang kulit mahoni hanya mengeluarkan sedikit asap.

Oleh karena itu, nilai kalor yang dihasilkan dari arang jenis ini saat dibakar menjadi sangat tinggi dan bara dari arang tersebut tahan lebih lama dibandingkan jenis lainnya.

7. Arang Briket/ Arang Batu Bara

cara membuat tungku arang

Untuk penggunaan rumah tangga, arang briket biasanya tersedia dalam ukuran yang relatif kecil.

Arang briket biasanya terbuat dari campuran arang kayu, arang batok kelapa, arang serbuk gergaji, arang sekam dan juga jenis arang yang lainnya. Kita dapat mencetak dengan mudah arang ini karena terdapat tepung kanji yang telah tercampur didalamnya.
Keunggulan dari arang briket yaitu terletak pada nyala api yang relatif lama dan stabil.

Asapnya pun tak banyak namun, harganya cukup tinggi serta masih agak sulit kita temui di pasaran.Tampilannya pun lebih resik, tidak akan ada remah/kotoran abu yang akan mengotori area pembakaran.

Manfaat Arang Kayu Bagi Tanaman

1. Sebagai Kondisioner Tanah

Manfaat arang yang pertama adalah untuk kondisioner tanah. Arang bisa juga berguna sebagai kondisioner tanah yang sangat baik. Ini berkat dari kandungan kaliumnya yang tinggi, arang ini berfungsi untuk menggantikan kapur dalam campuran aditif tanah.

Anda juga bisa menggunakannya untuk menyelimuti insektisida organik atau biasa disebut gulma, karena dapat itu membantu dalam mempercantik mulsa dan membawanya pada pH yang optimal, terutama untuk mawar.

2. Pengisi Wadah

Manfaat arang yang kedua yaitu sebagai pengisi wadah atau pot. Jika Anda sering mengisi pot dengan batu di bagian bawahnya, Anda bisa menggantinya dengan arang kayu alami.

Arang ini menjadi pilihan yang baik karena lebih ringan dari kerikil dan batu. Itulah sebabnya, pot yang berisi arang akan membuatnya lebih ringan dan lebih mudah untuk dipindahkan.

3. Sebagai Aditif pada Tanah

Manfaat arang yang ketiga yaitu bisa sebagai aditif pada tanah. Ada alasan mengapa campuran tanah yang ada di toko mengandung arang.

Saat Anda memasukan ke dalam pot tanah, arang akan menyerap bau kompos dan kotoran sambil menjaga integritas nutrisi campuran tetap utuh. Anda juga bisa menambahkan beberapa pelet arang ke dalam campuran pot Anda, jika baunya terlalu berlebihan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara mebuat arang maka kunjungi website cara membuat arang kayu

Cara Membuat Tungku Arang

Alat dan Bahan

– Pisau / golok              – Semen dan pasir
– Cetok                           – Pelepah Pisang
– Pengukur panjang       – Air
– Baskom                       – Jaring besi
– Ember bekas               – Besi
– Paku dan palu             – Batu pondasi

1. Pertama yang harus kita siapkan adalah satu buah ember bekas. Fungsi ember bekas disini adalah sebagai cetakan dalam pembuatan tungku tersebut dan lubangi sama dengan pelepah setengah lingkaran.

2. Siapkan pelepah pisang. Kita membutuhkan 1 buah pelepah pisang berdiameter 15 cm dan panjanganya 60 cm serta 1 buah pelepah pisang setengah lingkaran berdiameter 20 cm dan penjang 40 cm.

3. Campurkan pasir dan semen dengan air secukupnya. Campuran ini adalah sebagai pengisi dari ember bekas tersebut.  Setelah tercampur masukan batu pondasi sekupnya saja.

4. Bentuk pagar besi membentuk lingkaran. Setelah terbentuk maka baian bawahnya di bentuk sama seperti pelepah pisang setengah lingkaran yang telah dibuat tadi.

5. Masukan bahan bahan tersebut ke dalam ember cetakan. Masukan semen setinggi 20 cm yang di campur dengan batu tadi. Setelah itu masukan pelepah pisang setengah lingkaran tadi dengan salah satu ujungnya menempel dengan sisi ember dan masukan lagi dengan semen serta 4 buah besi berukuran 20 cm.

6. Masukan pelepah pisang dengan posisi berdiri. Letakan pagar besi diantara pelepah pisang dan ember. Lalu masukan lagi semen sampai ke permukaan ember dan ratakan.

7. Tunggu sampai kering. Setelah semen kering, buang pelepah pisang tersebut.

8. Anda bisa menambahkan tatakan di atas tungku. Tungku ini juga bisa untuk memasakn sesuatu.

Jika anda kesulitan dalam mencari mesin mesin untuk keperluan tertentu, kunjungi website rumahmesin.com. Disana menjual barang barang yang tentunya akan memudahkan pekerjaan sehari hari kita, yuk buruan di klik!

Sekian artikel tentang cara membuat tungku arang yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat membantu anda, apabila teradapat kesalahan dalam pengetikan mohon dimaafkan.

Sampai Jumpa Di Artikel Yang Selanjutnyaaa!

Leave a Reply