Cara Membuat Putu Ayu dengan Mudah, Simak Disini !

Pada kesempatan artikel saya kali ini, saya akan membahas tentang cara membuat putu ayu. Sebelumnya tahukah kamu putu ayu?

Putu ayu adalah jenis makan tradisional nusantara dalam bentuk kue yang diisi dengan gula aren, dibungkus kelapa parut, dan tepung beras berbutir kasar. Dengan tabung bambu yang agak dipadatkan, kue ini dikukus dan diletakkan di dalamnya. Kue ini dijual saat matahari terbenam hingga larut malam.

Suara khas uap yang keluar dari alat peluit ini juga merupakan alat promosi untuk pedagang yang menjual. Secara umum, warna kue Putu ini putih dan hijau.

Pembuatan kue putu ayu sangat berbeda dari bahan lainnya, yang hanya menggunakan tepung beras untuk campuran.

Dalam pembuatan Putu Ayu, biasanya beberapa bahan sama dengan yang digunakan untuk membuat kue bolu kukus. Penambahan kelapa sebagai hiasan adalah persamaan dari dua kue.

Sejarah

Kue ini sudah ada sejak 1200 tahun yang lalu, pada masa Dinasti Ming. Sebelumnya, kue ini disebut XianRoe Xiao Long, yang merupakan kue yang terbuat dari tepung beras diisi dengan kacang hijau lembut yang dimasak dalam cetakan bambu.

Nama kue ini berkembang sehingga disebut putu, karena dalam manuskrip sastra lama, Serat Centhini, yang ditulis pada tahun 1814 pada masa kerajaan Mataram, muncullah nama puthu.

Puthu identik dengan makanan ringan yang disajikan di pagi hari. Isian puthu sendiri berubah dari kacang hijau menjadi gula merah

Dikatakan bahwa Ki Panurta Baby yang meminta murid-muridnya untuk menyediakan hidangan pagi disajikan lauk pauk seperti pancake dan puthu.

Ibu-ibu di pedesaan sering membuat kue Putu karena cara mudah membuatnya. Karena itu saya terinspirasi untuk mengambil kue ini karena orang yang terlihat sering makan dan membuatnya serta banyak dipasarkan. Jika Anda ingin tahu cara membuatnya, pertimbangkan artikel berikut.

Cara Membuat Putu Ayu

Bahan:

  1.     3 pcs telur
  2.     200 gr gula
  3.     250 gr tepung (Anda bisa juga mencoba mesin pembuat tepung)
  4.     1 sdt SP
  5.     untuk mencicipi Vanilla
  6.     air kelapa tua (200 ml air kelapa dan 20 ml lumpur pandan)
  7.     untuk mencicipi Pandan Pasta
  8.     1 buah kelapa setengah tua, parut kukus + sedikit garam

Cara Membuat Putu Ayu:

  1.     Kocok gula, telur sampai mengembang.
  2.     Kemudian tambahkan, vanilla, SP (kocok 5 menit lagi)
  3.     Tambahkan tepung dan air kelapa, aduk dengan spatula. Tambahkan pasta pandan, aduk rata
  4.     Cetakan putu ayu digosok dengan minyak. Atur kelapa parut di dasar cetakan, agak dipadatkan sehingga hasilnya indah dan tidak terjaga
  5.     Tuang campuran di atas kelapa sampai penuh
  6.     Kukus dalam uap yang telah dipanaskan selama 20 menit sampai matang
  7.     Lepaskan putu ayu dari cetakan. Menyajikan

Nah, mudah bukan? Untuk menikmati kue putu ayu enaknya didalam ruangan yang dingin. jika AC Anda bermasalah bisa hubungi service ac jogja.

Peluang Bisnis untuk Kue Putu

Masih terbuka lebar untuk Bisnis Kue Putu Ayu untuk siapa saja yang ingin masuk di dalamnya. Bisnis kue putu ayu dapat dimulai dengan langkah termudah dengan manfaat yang sangat menarik. Jika Anda tertarik dengan manfaat yang diperoleh melalui bisnis Putu Ayu Cake, Anda bisa mencobanya.

 Potensi Bisnis Kue Putu Ayu

Salah satu bisnis yang memiliki potensi bisnis bagus dan cemerlang adalah bisnis Putu Ayu Cake. Hal ini dapat dilihat dari potensi bisnis kue putu ayu seberapa besar minat berbagai kue putu ayu olahan.

Jika Anda tertarik dengan kue putu ayu besar, tentu saja Anda akan sangat menyukainya dan membuat bisnis putu ayu Anda berjalan dengan baik.

Bisnis kue putu ayu bisa berjalan dengan mudah. Anda dapat mencoba memanfaatkan peluang bisnis ini dengan membuat cookie putu ayu olahan.

Persiapan modal untuk Bisnis Kue Putu Ayu

Perlu menyediakan modal untuk bisnis sebelum bisnis putu ayu dijalankan. Persiapan modal bisnis memang sangat penting untuk diperhatikan. Modal bisnis akan digunakan untuk membeli bahan baku dan peralatan.

Untuk modal usaha, yang digunakan untuk menjalankan bisnis Putu Ayu Cake tidak besar. Bisnis kue putu ayu ini bisa dimulai dengan menggunakan modal kecil. Jika nantinya bisnis kue putu ayu dapat berjalan dengan lancar maka bisnis kue putu ayu dapat berjalan dengan modal yang cukup besar.

Pemasaran Bisnis Kue Putu Ayu

Jika Anda ingin meletakkan kue putu ayu, Anda tidak perlu bingung. Di mana pemasaran cookies putu ayu sangat mudah. Di berbagai tempat di area strategis, Anda dapat membeli dan menjual putu ayu olahan.

Pemasaran kue Putu ayu juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial yang kini menjadi populer di kalangan masyarakat. Adapun beberapa jejaring sosial memasarkan Putu Ayu Cake, ada Instagram, Facebook, BBM, Line, dan lainnya.

Demikian artikel tentang cara membuat kue putu dan sedikit membahas tentang peluang bisnis yang bisa dihasilkan dari penjualan putu. Maaf kalau bahasanya masih kurang bagus dan saya sadar masih banyak kekurangan. Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan coba.

Leave a Reply