Cara Membuat Pupuk Kompos dari Daun Kering dengan EM4

Haloo sahabat kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat pupuk kompos dari daun kering dengan em4, meliputi pengertian kompos, dan cara membuat pupuk kompos dari daun kering dengan em4. Simak dan pelajari baik-baik.

Cara Membuat Pupuk Kompos dari Daun Kering dengan EM4

Daun yang jatuh dari pohon tidak mengering. Ya itu kuning. Tapi bukan berarti daunnya kering. Daun kering berwarna coklat. Jika Anda menemukan sampah daun kering di depan rumah, itu berarti Anda belum menyapu halaman selama berhari-hari. Daun yang gugur ini biasanya membusuk atau membusuk. Biarkan sebentar agar menjadi kompos.

Baca juga web utama kami rumahmesin.com

Kompos Daun Sederhana

Dengan kata sederhana, kita dapat membuat kompos dari daun sebagai berikut.

  • Kita membuat lubang di tanah, kemudian memasukkan daun ke dalam lubang. Kemudian kami menimbang daun dengan tanah.
  • Dengan wadah ember, cukup besar. Kami mengisi bagian bawah tanah atau kompos selesai. Kami menaruh sampah di seprai. Kompak, lalu bagian atasnya ditutup kembali dengan tanah.
  • Dikumpulkan saja. Namun disusun agar sarang dedaunan tidak tertiup angin. Biarkan saja, terkena panas dan hujan.

Tidak ada waktu khusus kapan kompos dari daun bagian atas akan menjadi kompos. Setidaknya itu berlangsung beberapa bulan.

Cara Mempercepat Proses Pengomposan Daun

Jika ingin proses pengomposan lebih cepat, kita perlu menambahkan treatment pada kompos. Hal-hal yang harus dilakukan untuk mempercepat proses pengomposan adalah:

  1. Penambahan starter bakteri. Ini bisa berupa EM4, starbium atau mikroorganisme lokal.
  2. Potong atau cacah sampah menjadi lembaran-lembaran kecil. Semakin baik sampah, semakin baik. Karena akan menambah luas permukaan mikroorganisme awal.
  3. Tambahkan bahan-bahan yang merupakan sumber energi bakteri. Misalnya gula, molase atau dedak padi.
  4. Balikkan tumpukan kompos secara teratur dan teratur.

Cara Membuat Pupuk Kompos dari Daun Kering dengan EM4

Karena ada berbagai jenis Em4, yang digunakan untuk penataan huruf adalah EM4 pertanian. Botolnya berwarna kuning. Jenis bakteri di peternakan em4 sedikit berbeda dari peternakan em4. Relatif keduanya mengandung bakteri asam laktat, lactobacillus sp.

Komposisi mikroorganisme EM4 pertanian mengandung bakteri fotosintetik dan bakteri actinomycete. Bakteri fotosintetik dapat memfermentasi dan juga memfiksasi nitrogen dari udara. Ini dapat digunakan secara aerobik atau anabolik.

Baca juga : Berikut Ini Cara Membuat Cocofiber yang Mudah Untuk Dicoba

Selama actinomycetes ada bakteri yang biasanya ditemukan di tanah. Ini bekerja paling baik dalam kondisi aerobik. Perannya adalah untuk mengurangi organisme patogen pada tanaman. Untuk kompos, em4 harus diencerkan terlebih dahulu dengan molase atau gula.

Caranya adalah 5 mL em4 pertanian ditambah 2,5 gram gula pasir dan 250 ml air. Nantinya ini akan digunakan untuk menyemprotkan kotoran pada daun. Atau, kami membuat tambalan kulit dari buah.

4 gram gula pasir dilarutkan dalam sekitar 100 ml air, diaduk hingga larut. Tambahkan jus buah seperti nanas, pepaya atau pisang. Pergi keluar untuk menghabiskan malam di pedesaan.

Nah, mari kita cari tahu cara membuat kompos dari lembaran ini, Anda bisa menggunakan em4 atau mol dengan mudah.

  1. Sampah dipotong menjadi ukuran yang lebih kecil. Idealnya antara 2-3 cm. Tetapi jika itu tidak berhasil, lakukan saja.
  2. Taruh tempat sampah di tempat sampah. Meja demi meja.
  3. Setiap lapisan disemprot dengan em4 atau tahi lalat yang sudah dibuat sebelumnya.
  4. Tutup, tapi tidak terlalu ketat. Proses ini memakan waktu sekitar 1 bulan, sedangkan untuk noda kulit bisa memakan waktu lebih dari 2 bulan.
  5. Setiap 3 hari, daunnya berubah. Lebih banyak masalah tetapi ini untuk proses pengomposan yang lebih cepat. Jika tidak dibalik, bakteri dominan yang bisa digunakan hanya lactobacillus. Bakteri aerob lainnya umumnya dapat berfungsi minimal.

Sebenarnya tidak terlalu masalah. Kita bisa melakukannya dengan langkah seperti itu. Misalnya kita punya tong atau ember sebagai tempat membuat kompos daun.

Pertama buat kompos dari daun sebagai langkah teratas. Kemudian jika ada daun baru yang ingin ditambahkan, taburi terlebih dahulu dengan Em4 atau tahi lalat yang sudah ada. Daun baru ini menempel di bagian bawah. Dengan melakukan ini secara otomatis, kami membuka tumpukan kompos yang telah kami buat.

Anda juga bisa menggunakan mesin pencacah kompos

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel saya tentang cara membuat pupuk kompos dari daun kering dengan em4 bermanfaat dan menjadi referensi buat anda. Selamat mencoba….

Terima kasih:)

Leave a Reply