Cara Membuat Kue Sarang Laba

Begini Cara Membuat Kue Sarang Laba Rasa. Siapa yang tidak kenal makanan yang satu ini. Tidak cuma sebagai snek penghilang rasa suntuk saat meeting namun kudapan yang satu ini pun selalu ada saat perayaan seperti lebaran, natalan, ulang tahun, perkawinan, dan acara lainnya. Konon menyantap kue dapat membuat orang yang menyantapnya berbahagia loh.

Nah sebelum melanjutkan ke cara membuat kue sarang laba laba, mungkin Bunda ingin mengetahui tentang fakta unik mengenai kue yang jarang diketahui orang.

Okay kembali lagi ke resep kue sarang laba laba, cara mengolahnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal kue sarang laba laba yang sedap selayaknya memiliki aroma dan rasa yang mampu menggoda napsu makan kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue sarang laba laba, yang pertama adalah dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan cara penyajiannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan kue sarang laba laba yang enak di mana pun Anda berada, karena asal sudah tahu caranya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan kue sarang laba laba sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita secara tidak langsung. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat kudapannya.

Bahan Cara Membuat Kue Sarang Laba

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Kue sarang laba laba:

  1. Gunakan 75 gr tepung terigu (7,5 sdm)
  2. Siapkan 35 gr tepung beras (3,5 sdm)
  3. 35 gr tepung tapioka (3,5 sdm)
  4. Siapkan 27 gr susu bubuk dancow
  5. Ambil 50 gr gula pasir (3,5 sdm)
  6. Siapkan 1 butir telur ayam
  7. Gunakan 1/2 sdt garam
  8. Sediakan 1,5 sdm minyak

Cara Membuat Kue Sarang Laba

  • Pertama-tama kocok telur dan gula pasir menggunakan mikser. Jika di rumah sahabat tidak memiliki mikser bisa juga menggunakan alat kocok manual dengan tangan. Kocok telur dan gula tadi sampai mengembang.
  • Setelah itu, campurkan semua bahan-bahan menjadi satu ke dalam adonan tersebut. Mulai dari tepung terigu, tepung sagu, tepung beras, vanili bubuk, garam dan susu full cream. Aduk perlahan menggunakan mikser sampai semua bahan-bahan tadi benar-benar merata. Sambil dimikser, sahabat bisa campurkan sedikit minyak goreng.3
  • Ketika sudah tercampur merata, sahabat saring adonan tersebut menggunakan saringan kawat halus. Lalu diamkan adonannya selama 25-30 menit. Selanjutnya bagi dua adonan tersebut ke dalam wadah yang berbeda. Masing-masing dikasi pewarna yang berbeda sesuai keinginan sahabat. Di sini Mami Tiwi menggunakan pewarna makanan berwarna orange dan biru.4
  • Setelah diwarnai, salin masing-masing adonan ke botol plastik agar mudah menggunakannya. Cara memasak sarang laba-laba ini cukup mudah. Pertama sahabat nyalakan kompor dengan api kecil, simpan teflon di atasnya dan kasi mentega secukupnya. Setelah teflon dan mentega cukup panas, sahabat tinggal lingkar-lingkar adonan tadi seperti jaring laba-laba.5
  • Saat adonan agak mengeras, gulung menjadi panjang, dengan ukuran diameter sesuai selera masing-masing. Terus lakukan secara berulang sampai adonan habis. Di sini bisa juga sahabat buat sarang laba-laba dengan mencampuran kedua warna tadi. Semua tinggal dikreasikan sesuai keinginan.

Nah setelah semuanya jadi, sahabat bisa sajikan dengan tambahkan topping keju parut, meseseres dan kental manis di atasnya. Rasa sarang laba-laba ini benar-benar enak dan renyah. Ditambah topping yang lezat membuatnya samakin nikmat.

Asal-Usul Kue Sarang Laba-Laba

Kue sarang laba-laba sendiri berasal dari cubit, karena bentuk kue cubit yang terlalu monoton dan membosankan maka paara penjual berinovasi mengganti bentuk kue cubit menjadi seperti sarang laba-laba. Kuliner tradisional khas Garut ini hingga kini masih banyak diminati konsumen.

Selain rasanya manis, kue sarang laba-laba yang dibuat dari campuran tepung terigu, mentega dan gula ini memiliki ciri khas bentuk unik.Kue dengan warna dominasi putih dan coklat keemasan ini merupakan produk kue tradisional tempo dulu yang saat ini masih banyak diminati pembeli.

Akan tetapi setelah berinovasi dengan cara mengubah bentuk kue cubit menjadi  kue sarang laba-laba warnanya pun banyak diubah menjadi berbagai warna yang mencolok agar lebih mengguga selera.

Kue sarang laba-laba sebenarnya berasal dari Garut tetapi kue ini lebih dikenal orang banyak khasnya jajanan Jakarta. Kenapa sarang laba-laba? karena kue yang dimasak berbentuk seperti sarang laba-laba.

Jajanan ini memiliki penggemarnya sendiri, bahkan di era 90-an kue ini hits dengan berbagai bentuk. Uniknya sekarang kue sarang laba-labatidak hanya di bentuk sesuai dengan loyang yang disediakan.Bentuk sarang laba-laba lebih banyak diminati karena lebih renyah, tidak ada bedanya dengan bentuk loyang sama-sama memiliki tekstur yang lembut serta rasa manis yang pas.

Sarang laba-laba biasa ditambahkan toping susu dan meses. Jajanan ini cocok disajikan dengan secangkir teh manis hangat. Konsumen yang beli biasanya banyak di pagi hari, mereka beli buat penganjal saat makan siang tiba.

Sahabat bisa membuat menu ini untuk cemilan di rumah atau juga ide berjualan.

Leave a Reply