Cara Membuat Es Kopi Susu Kekinian

Es kopi susu memanglah menjadi kesukaan banyak orang, karena rasa kopi yang sangat nikmat dan khas dipatukan dengan susu yang creamy serta ditambah dengan es batu yang membuatnya semakin segar, apalagi jika diminum saat siang hari. Kamu bisa, lho, mencoba membuat es kopi susu sendiri di rumah. Cara membuat es kopi susu kekinian pun sangat mudah dan praktis.

Kopi dan susu memanglah suatu perpaduan yang sempurna. Kenikmatannya bahkan sudah melegenda hingga ke seluruh penjuru dunia. Kopi susu tidak hanya bisa dinikmati dalam keadaan panas atau hangat, namun juga bisa dinikmati dalam kondisi dingin. Rasanya akan sangat segar dan tentu saja nikmat.

Es kopi susu sudah banyak dijual di kedai kedai bahkan café café. Hal itu karena penikmat es kopi susu yang sangat banyak. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mencoba sendiri membuat es kopi susu di rumah. Es kopi susu kekinian buatan sendiri rasanya tak kalah enak dengan es kopi susu yang banyak dijual kafe.

Untuk mengolah kopi utuh menjadi minuman yang enak dan nikmat, biasanya menggunakan suatu mesin khusus, yaitu mesin pembuat kopi. Adupun jika kamu ingin lebih mudah dan praktis, kamu bisa langsung membeli kopi bubuk yang banyak dijual di pasaran. Jika kamu ingin tahu mengenai berbagai jenis mesin, disarankan untuk mengunjungi website Rumah Mesin.

Cara Membuat Es Kopi Susu Kekinian

cara membuat es kopi susu kekinian

Cara membuat es kopi susu kekinian sangat mudah. Bahan bahannya pun juga hanya terdiri dari kopi dan susu cair. Akan tetapi, kamu juga bisa menambahkan berbagai bahan lainnya, seperti karamel atau cincau untuk menambah cita rasa es kopi susu buatanmu. Berikut ini akan saya bagikan 3 cara membuat es kopi susu kekinian yang bisa kamu jadikan panduan dalam membuat minuman kekinian tersebut.

1. Es Kopi Susu Cincau

Cincau biasanya digunakan untuk membuat minuman bernama es cincau. Cita rasa cincau sangat unik dan berbeda dengan yang lainnya, dengan warnanya yang gelas dan tekasturnya yang agak kenyal. Tahukah kamu, jika cincau juga cocok jika dipadukan ke dalam es kopi susu? Ya, rasanya akan sangat nikmat dan segar dengan potongan potongan cincau yang menyertainya.

Kepopuleran es kopi susu cincau ditandai dengan banyaknya orang yang menjual minuman ini, mulai dari kedai di pinggir jalan hingga stan stan di mall yang menjual minuman ini dengan harga yang terjangkau. Jika kamu malas keluar rumah untuk membelinya, kamu bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini adalah cara membuat es kopi susu cincau:

Bahan Bahan:

  • 50 gram cincau hitam
  • 30 ml air panas
  • 100 ml air dingin
  • 1/2 sendok teh kopi bubuk tanpa ampas
  • 3 sendok makan susu kental manis putih
  • Es batu sesuai selera

Cara Membuat:

  1. Pertama tama, tuangkan kopi bubuk ke dalam gelas. Seduh dengan air pana, aduk aduk.
  2. Tuangkan juga susu kental manis putih ke dalam gelas. Aduk aduk hingga tercampur rata.
  3. Masukkan juga es batu sesuai seleramu. Jangan lupa untuk menambahkan air dingin ke dalamnya, aduk aduk lagi hingga semuanya teraduk hingga sempurna.
  4. Masukkan cincau hitam yang sudah diserut atau dipotong kecil kecil kebelumnya, aduk aduk.
  5. Es kopi susu cincau siap disajikan.

2. Es Kopi Susu Sederhana

Jika pada resep di atas, menggunakan cincau sebagai bahan tambahannya, maka pada resep kali ini kita tidak menambahkan bahan bahan lainnya, hanya seputar kopi dan susu. Resep es kopi susu kali ini sangat mudah dipraktikkan. Berikut adalah cara membuat es kopi susu sederhana yang bisa kamu coba praktikkan di rumah.

Bahan Bahan:

  • 150 ml susu cair
  • 1 sendok makan kopi bubuk tanpa ampas
  • 2 sendok makan krimer
  • 2 sendok makan air panas
  • Es batu sesuai selera

Cara Membuat:

  1. Masukkan kopi bubuk, krimer, dan air panas ke dalam gelas, aduk aduk hingga tercampur rata. Biarkan hingga agak dingin.
  2. Sembari menunggu, siapkan es batu sesuai selera. Masukkan ke dalam gelas berisi larutan kopi tadi.
  3. Tuangkan juga susu cair sebanyak 150 ml ke dalamnya, aduk hingga semua bahan bahan di gelas tercampur rata.
  4. Es kopi susu sederhana siap disajikan.

3. Es Mocha Cocoa

Sesuai namanya, es kopi susu pada resep ketiga ini menggunakan cokelat sebagai salah satu bahannya. Cokelat sangat cocok dipadukan dengan susu dan kopi. Selain 3 bahan tersebut, masih ada bahan bahan lainnya untuk membuat es mocha cocoa, seperti brown sugar dan vanili.

Kedua bahan tersebut temtu saja memberikan cita rasa yang lebih unik pada es kopi susu ini. Selain itu, vanili juga memberikan aroma yang khas pada minuman mocha cocoa. Cara membuat es mocha cocoa ini sangat mudah. Berikut ini adalah cara membuat mocha cocoa.

Bahan Bahan:

  • 1/2 sendok makan kopi bubuk
  • 1/2 sendok teh vanili
  • 2 sendok makan bubuk cokelat
  • 1 sendok makan brown sugar
  • 200 ml susu cair
  • 2 sendok makan air panas
  • Es batu sesuai selera

Cara Membuat:

  1. Masukkan kopi bubuk, vanili, cokelat bubuk, dan brown sugar ke dalam gelas.
  2. Tuangkan 2 sendok makan air panas, aduk aduk hingga semua bahan larut dan tercampur rata.
  3. Tuangkan juga susu cair sebanyak 200 ml, aduk aduk lagi.
  4. Jangan lupakan untuk menambahkan es batu agar rasa es mocha cocoa ini lebih nikmat dan segar.
  5. Es mocha cocoa siap disajikan.

Itu dia 3 cara membuat es kopi susu kekinian yang bisa kamu coba di rumah. Semuanya sangat mudah untuk dipraktekkan dan cocok menemanimu dalam mengerjakan tugas tugas di rumah atau hanya bersantai. Selamat mencoba!

Leave a Reply