Berikut Ini Cara Membuat Baceman Bawang Putih

Assalamualaikum Wr. Wb. kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat baceman bawang putih, meliputi penjelasan bawang, cara membuat baceman bawang putih, dan beberapa pengaplikasian dari baceman bawang. Selamat membaca…

Cara Membuat Baceman Bawang Putih 

Bawang putih merupakan bumbu utama masakan Indonesia. Untuk melakukan ini, bumbu ini harus ada di dapur. Memasuki bulan Ramadhan, kita bisa membuat bungkus bawang putih untuk latihan memasak lebih banyak, terutama saat sahur.

Cara membuatnya tidak sulit, bisa disimpan lama dan rasanya akan lebih kuat. Ini dapat digunakan untuk membumbui dasar putih untuk banyak hidangan. Mari kita lihat bahan-bahannya.

Bahan-bahan Pembuatan :

  • Bawang putih -500 gram, kupas
  • Kemiri -10 butir, dihaluskan
  • Minyak wijen -100 cc, kualitas bagus
  • Minyak goreng -800 cc 

Cara Membuat Baceman Bawang Putih : 

  1. Cuci bawang putih.
  2. Lalu jemur di bawah terik matahari sampai kering dan tidak ada airnya
  3. Periksa wadah dan alat (nampan pemanggang, sendok, gelas ukur, termasuk alu).
  4. Pastikan sudah kering sebelum digunakan.
  5. Bersihkan bawang putih dengan cara menghancurkan alu, jangan dicincang dengan pisau atau bau bawang tidak maksimal.
  6. Campur bawang putih dengan kemiri yang sudah dicincang halus, lalu masukkan ke dalam mangkuk
  7. Masukkan minyak wijen dan minyak goreng ke dalam mangkuk, aduk hingga minyak tercampur dengan bawang putih.
  8. Tutup wadah dengan rapat
  9. Bawang putih baceman dapat digunakan setelah disekrup selama 3 hari, dapat bertahan hingga 1 bulan.
  10. Seiring waktu, aroma bawang putih akan lebih kuat
  11. Pastikan sendok sudah kering saat mengambil daging bawang putih, jangan lupa tutup wadah kembali rapat-rapat
  12. Dosis memasaknya adalah 1 sendok makan bawang merah bawang putih (minyak dan bawang bombay) untuk 400-500 gram bahan padat atau 400-500 cc bahan cair (nasi, mie, sayur, sop, dll).

Catatan:

  • Dapat disimpan hingga satu bulan, selama kedap udara. Semakin lama berfermentasi maka akan semakin enak, meskipun lebih baik tidak membuat pembuat bawang (sekitar 1-2 minggu), sehingga Anda bisa mendapatkan pembuat bawang segar.
  • Dalam seminggu lebih baik disimpan di suhu ruangan, selebihnya hanya bisa masuk kulkas.
  • Anda harus memberikan sendok khusus untuk menghindari kontaminasi tetesan air dan bahan lain jika Anda menggunakan sendok lain.

Cara Penggunaan :

Ambil bawang + minyak secukupnya dengan sendok, lalu goreng dengan tambahan bumbu lainnya tergantung jenis masakan dan rasanya. Bawang baceman hanya sebagai pengganti bawang putih, sehingga rasa dan aromanya lebih enak. Jika minyak dalam toples rendah atau rendah, Anda dapat menambahkan lebih banyak minyak.

Beberapa Pengaplikasian Baceman Bawang :

Bubur Ayam 

Gunakan siung bawang putih untuk membuat bubur ayam buatan sendiri. Anda bisa menggorengnya lalu mencampurnya dengan ayam parut dan bubur. Hidangan ini cocok disantap saat sedang tidak sehat. Aroma bawang putih yang lezat akan membuat Anda merasa nyaman.

Baca juga web utama kami rumahmesin.com dan Anda juga bisa menggunakan mesin pengupas bawang untuk mempercepat proses pembutan

Sup Ayam 

Tidak hanya sebagai bumbu dasar putih, baceman bawang putih juga bisa digunakan untuk membuat sop ayam ala rumahan. Tumis siung bawang putih sampai harum, lalu tuang kaldu ayam, masak bersama sayuran lainnya. Jangan lupa tambahkan garam dan penyedap rasa agar lebih nikmat.

Capcay Oriental 

Bawang putih baceman bisa digunakan untuk memasak capcay oriental, bisa digoreng, disiram, atau disajikan. Untuk meningkatkan rasa dan aroma, tambahkan jahe, minyak wijen, dan saus kerang. Sedangkan untuk isi bisa disesuaikan dengan stok bahan yang ada di dapur.

Ayam Koloke

Cara membuatnya, cukup menggoreng bawang putih dan minyak bawang bombay, lalu tambahkan saus tomat dan saus sambal sesuai selera. Masak hingga kental lalu tua di atas ayam goreng.

Baca juga : Cara Membuat Pupuk Kompos dari Daun Kering dengan EM4

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel saya tentang cara membuat baceman bawang putih bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba…

Terima kasih:)

Leave a Reply