5 Cara Efektif Mengatasi Gangguan Tidur!

Gangguan tidur atau biasa yang disebut sebagai insomnia menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi belakangan ini ditengah pandemi virus corona. Penyebab insomnia bisa bermacam-macam seperti memikirkan nasib perekonomian di Indonesia, mengalami kondisi ekonomi yang sulit, kesepian, kaget terhadap perubahan lingkungan maupun merasa ketakutan akan terjangkit virus corona.

Dengan berkurangnya waktu tidur kamu ini, akan berdampak negatif pada produktivitas kerja seperti tingkat produktivitas akan semakin menurun, cepat emosi dan mengalami kelelahan fisik dan batin. Jangan khawatir insomnia ini bisa diatasi, berikut beberapa tips untuk mengatasi insomnia yang telah kami rangkum, antara lain.

  1. Jangan konsumsi obat tidur berlebihan

Obat tidur ini bukan pilihan yang tepat untuk mengatasi insomnia dalam jangka panjang karena konsumsi obat tidur secara terus menerus akan membuat kamu ketergantungan dan akan menimbulkan dampak yang lebih buruk yaitu akan merasa kantuk dan sakit kepala pada siang hari sehingga akan berdampak pada pola tidur mu kedepannya.

  1. Atur jadwal tidur

Cobalah membuat jadwal dalam satu hari dan tentukan waktu yang sesuai dalam setiap post nya termasuk jadwal tidurmu. Disiplin dan konsisten menjadi kunci untuk membuat jadwal ini berubah menjadi habit, karena penerapan waktu tidur yang konsisten dapat mengatasi insomnia.

  1. Kurangi menerima terlalu banyak informasi

Pandemi covid-19 ini terus diberitakan di nyaris seluruh media massa baik televisi, radio maupun sosial media. Jika kamu terus terpapar informasi ini tentu kamu akan merasakan stress, khawatir, cemas dan takut apalagi ketika kamu mendapatkan informasi ini saat malam menjelang tidur. Hal ini akan membuat kamu banyak berpikir dan akhirnya menjadi stress sebelum tidur.

  1. Tidur siang secukupnya

Waktu yang dirasa cukup untuk tidur siang sekitar 20-30 menit saja, dengan durasi waktu tidur ini sudah cukup membuat tubuh kamu merasa lebih segar. Banyaknya waktu tidur siang justru akan membuat kamu lelah dan saat malam akan lebih sulit untuk tidur.

  1. Cukup mendapat paparan sinar matahari

Jika tubuh kamu mendapatkan sinar matahari pada pagi hari tentu akan berdampak pada ritme sirkadian yaitu sistem pada tubuh yang mengatur siklus tidur sampai siklus pencernaanmu. Karena jika kamu hanya mengurung dirimu di dalam rumah kamu akan semakin mudah berpikiran negatif dan merasa malas serta tidak produktif dan akan berpengaruh pada jam malam kamu.

Leave a Reply